WEBSITE DUNIA PENDIDIKAN

Websiteduniapendidikan.blogspot.com : Blog Pendidikan - Administrasi Sekolah - Informasi Terbaru Dunia Pendidikan

47 Akronim dan Definisi Istilah-Istilah Penting Terkait Dapodikdasmen


47 Akronim dan Definisi Istilah-Istilah Penting Terkait Dapodikdasmen ~ Dalam dunia pendididikan ada istilah-istilah penting terkait Dapodikdasment yang mungkin saja banyak yang belum kita ketahui. Sebagai operator sekolah tentunya istilah-istilah tersebut harus kita pahami. Istilah-istilah yang sering muncul dalam dunia dapodik diantaranya istilah dalam dunia teknologi informasi, istilah yang terkait kepegawaian, istilah yang berkaitan dengan aspek sosial ekonomi, dan lain sebagainya.




47 Akronim dan Definisi Istilah-Istilah Penting Terkait Dapodikdasmen

Daftar Arti Istilah-istilah Penting yang Terkait Dapodikdasmen

1. Dapodik (
Data Pokok Pendidikan)
Merupakan suatu konsep pengelolaan data pendidikan yang bersifat relational dan longitudinal, sehingga program-program yang dijalankan dalam pembangunan pendidikan dapat terarah, sehingga mempermudah dalam menyusun perencanaan, monitoring dan evaluasi pembangunan pendidikan. Hal tersebut diterapkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang merata dan tepat sasaran.

2. Dapodikdas (
Data pokok pendidikan dasar)
Merupakan sebuah aplikasi data pendidikan yang digunakan untuk melakukan penjaringan data pendidikan tingkat dasar (SD, SMP, dan SLB).


3. Data Periodik
Merupakan data menurut periode tertentu. 
Data Periodik muncul pada saat di selang waktu yg tetap; data berkala (contoh pengisian di tabel peserta didik terdapat data periodik siswa yang berisi data tinggi badan, berat badan, jarak rumah ke sekolah, dan lain-lain).

4. Kode Registrasi
“kunci” untuk memuat/ mengaktivasi data sekolah. Kode registrasi akan dibagikan oleh KKDATADIK masing-masing daerah. Pastikan Anda menggunakan kode registrasi sekolah Anda sendiri dan tidak membagi/memberitahu kode ini pada pihak yang tidak berkepentingan. Kode Registrasi digunakan pada saat registrasi awal di aplikasi (aktivasi).

5. Install
Merupakan sebuah proses pemasangan aplikasi kedalam komputer

6. Backup
Merupakan sebuah proses untuk membuat sebuah salinan data. Backup dilakukan untuk menyiasati hilang atau rusaknya sebuah data asli
. Salinan data yang dibuat disebut dengan “data backup”, dapat mengembalikan kondisi suatu sistem komputer yang mengalami kerusakan atau kehilangan data, mengembalikan suatu file yang tanpa sengaja terhapus atau juga rusak.

7. Uninstall
Merupakan sebuah proses penghapusan aplikasi dari komputer

8. Prefill
Merupakan sebuah data hasil kiriman ke server dari sekolah-sekolah di semester yang lalu yang kemudian data tersebut di package ulang sehingga ketika login di aplikasi yang baru sekolah hanya tinggal mengimput data yang meliputi data peserta didik baru, pemetaan rombel, dan melengkapi data yang belum terisi pada aplikasi sebelumnya.

9. Generate Prefill
Merupakan sebuah proses yang berguna sebagai backup database dapodik yang diambil dari server dapodik. Hasil generate prefill diambil dari hasil sinkronisasi terakhir dari sekolah yang ditarik ke dalam file database persekolah (bentuk file *.prf)

10. Validasi
Merupakan fasilitas di dalam aplikasi Dapodikdas yang bertujuan untuk mencegah data invalid masuk ke server pada saat pengguna melakukan sinkronisasi (online atau offline).

11. Sinkronisasi
Merupakan fasilitas yang terdapat pada aplikasi Dapodikdas untuk mengirimkan data dari pengguna (operator sekolah) ke server pusat (Dapodikdas).

12. PTK (
Pendidik dan Tenaga Kependidikan)
Meliputi guru atau pengajar.

13. PD (Peserta didik)
Meliputi siswa atau murid

14. Rombel (Rombongan belajar)
Kelas.

15. Blockgrant
Merupakan pemberian bantuan dana untuk melaksanakan suatu kegiatan tertentu, baik dalam bidang pendidikan, pembangunan sosial politik, hukum atau pembangunan aspek lainnya dengan tujuan untuk mempercepat laju pembangunan pendidikan.

16. Inpassing
Merupakan proses penyesuaian kepangkatan Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil (Non PNS) dengan kepangkatan Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS).

17. KGB
Kenaikan gaji yang diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah mencapai masa kerja golongan yang ditentukan untuk kenaikan gaji berkala yaitu setiap 2 (dua) tahun sekali dan apabila telah memenuhi persyaratan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pengisian KGB dapat ditemukan pada tabel Rincian Data PTK.

18. KPS (
Kartu Perlindungan Sosial)
Merupakan sebuah kartu yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dalam rangka Program Percepatan dan Perluasan Sosial (P4S). Dengan memiliki KPS, rumah tangga berhak menerima program-program perlindungan sosial, seperti : Raskin dan Bantuan Siswa Miskin (BSM), sesuai dengan ketentuan yang berlaku hingga tahun 2014. KPS memuat informasi Nama Kepala Rumah Tangga, Nama Pendamping Kepala Rumah Tangga, Nama Anggota Rumah Tangga, Alamat Rumah Tangga, dilengkapi dengan kode batang beserta nomor identitas KPS yang unik. Bagian depan bertuliskan Kartu Perlindungan Sosial dengan logo burung Garuda.

19. NPP (
Nomor Pokok Perpustakaan)

20. NPSN (
Nomor Pokok Sekolah Nasional)

21. NPWP (
Nomor Pokok Wajib Pajak)

22. NUPTK (
Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan)

23. NIS (
Nomor Induk Sekolah) 

24. NISN (
Nomor Induk Siswa Nasional)


25. Pembaruan
Penambahan atau pembuatan fitur aplikasi yang baru

26. Perbaikan
Penyempurnaan fitur aplikasi yang sudah ada

27. PIP (
Program Indonesia Pintar)

28. PKH (
Program Keluarga Harapan)

29. TMT (
Terhitung Mulai Tanggal)

30. TST (
Terhitung Selesai Tanggal)

31. VerVal (
Verifikasi dan Validasi)

32. Patch
Merupakan sebuah software yang dirancang untuk memperbarui program komputer atau data pendukungnya.

33. US (
Ujian Sekolah)

34. UN (
Ujian Nasional)

35. Progres/Progress = Kemajuan

36. PDSPK (
Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan)
Merupakan salah satu Unit Kerja di bawah Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bertanggung jawab dalam pengelolaan data dan statistik pendidikan dan kebudayaan sesuai dengan pasal 798 pada Permendikbud No. 11 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan bahwa Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan data dan statistik pendidikan dan kebudayaan

37. Sertifikasi ISO
a. ISO 9000 adalah kumpulan standar untuk sistem manajemen mutu (SMM). ISO 9000 yang dirumuskan oleh TC 176 ISO, yaitu organisasi internasional di bidang standardisasi. ISO 9000 pertama kali dikeluarkan pada tahun 1987 oleh International Organization for Standardization Technical Committee (ISO/TC) 176. ISO/TC inilah yang bertanggungjawab untuk standar-standar sistem manajemen mutu. SO/TC 176 menetapkan siklus peninjauan ulang setiap lima tahun, guna menjamin bahwa standar-standar ISO 9000 akan menjadi up to date dan relevan untuk organisasi.

b. ISO 9001 adalah standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya.

38. Sanitasi
Merupakan sebuah perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya dengan harapan usaha ini akan menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia.

39. Akreditasi
Merupakan sebuah pengakuan formal yang diberikan oleh badan akreditasi terhadap kompetensi suatu lembaga atau organisasi dalam melakukan kegiatan penilaian kesesuaian tertentu.

40. Program Inklusi
Program Inklusi adalah mengacu pada Sekolah Inklusi yakni sekolah reguler ( biasa ) yang juga melayani Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ).

41. Sarpras (
Sarana dan Prasarana)

  • Dalam setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, bahan habis pakai, serta perlengkapan lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.
  • Dalam setiap satuan pendidikan wajib memiliki prasarana yang meliputi lahan, ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel kerja, ruang unit produksi, ruang kantin, instalasi daya dan jasa, tempat berolahraga, tempat beribadah, tempat bermain, tempat berkreasi, dan ruang/tempat lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.
42. NIK (Nomor Induk Kependudukan)

43. NIP (
Nomor Induk Pegawai)

44. Mebeler
Mebeler terdiri dari meja siswa, kursi siswa, meja guru, lemari kelas, papan tulis, serta aksesoris ruangan lainnya yang sesuai.

45. Ruang Kelas
Merupakan suatu ruangan dalam bangunan sekolah, yang berfungsi sebagai tempat untuk kegiatan tatap muka dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM)

46. Moving Class ( Kelas Berpindah/Berjalan )
Merupakan suatu kegiatan belajar mengajar, di mana siswanya berpindah-pindah dari ruangan satu ke ruangan lainnya. Misalkan, pada saat praktik IPA para siswa berpindah ke laboratorium IPA, saat akan praktik komputer maka siswa pun berpindah ke ruang laboratorium komputer, dan lain sebagainya.

47. Remaining Class ( Kelas Tetap )
Merupakan suatu kegiatan belajar mengajar, di mana  media dan alat-alat pembelajarannya yang dipindah dari ruangan satu ke ruangan lainnya. Jadi siswa tetap duduk manis mengikuti pembelajaran di satu ruangan kelas.

Demikian tentang 47 Akronim dan Definisi Istilah-istilah Penting Terkait Dapodik. Semoga bermanfaat

47 Akronim dan Definisi Istilah-Istilah Penting Terkait Dapodikdasmen

Share on FacebookTweet on TwitterPlus on Google+

Pages

Back To Top