Download Ringkasan Materi Pedagogik Siap PLPG 2016 ~ Salah satu Materi yang akan diujikan dalam PLPG 2016 adalah Materi Pedagogik. Materi pedagogik PLPG 2016 yang telah dikembangkan oleh Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Direktorat Jenderal Guru dengan LPTK secara garis besar berisi tentang :
1. Bab. Pendahuluan
2. Bab. Karakteristik Siswa
3. Bab.Teori Belajar
4. Bab. Kurikulum 2013
5. Bab. Desain Pembelajaran
6. Bab. Media Pembelajaran
7. Bab. Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran
8. Bab. Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran
9. Bab. Refleksi Pembelajaran dan PTK
Berikut Kumpulan Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2016 Untuk Jenjang TK/SD/SMP/SMA/SMK Semua Bidang Studi
1. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2016; Bab Pendahuluan
Tujuan penyusunan bahan ajar Kompetensi pedagogik adalah untuk membantu guru calon peserta PLPG mendapatkan sumber belajar untuk menambah wawasan para guru tentang :
- Kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran
- Karakteristik siswa dan teori-teori belajar
- Pengelolaan kegiatan pembelajaran agar lebih profesional dibidangnya sesuai dengan kurikulum yang berlaku
- Bagaimana melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan agar dapat memperbaiki proses pembelajaran yang telah dilakukan.
Untuk mendownloadnya klik link dibawah ini
2. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2016; Bab Karateristik Siswa
Kegiatan Belajar 1: KARAKTERISTIK SISWA
A. Tujuan
Modul ini disusun untuk menjadi bahan belajar bagi guru terkait materi karakteristik siswa dalam program Guru Pembelajar. Tujuan belajar yang akan dicapai adalah memahami tahap-tahap perkembangan siswa sehingga dapat menyediakan materi pelajaran dan metode penyampaian yang sesuai dengan karakteristik siswa sesuai dengan tahap perkembangannya
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Kompetensi Inti
Menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik, moral, kultural, emosional, dan
intelektual
2. Kompetensi Guru Mata Pelajaran
a. Memahami karateristik siswa yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial budaya sesuai dengan tahap perkembangannya
b. Menyiapkan dan materi pelajaran sesuai dengan tingkat perkembangannya.
c. Marancang kegiatan pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa berdasarkan pada tahap perkembangannya.
Selengkapnya, bisa di download pada link dibawah ini
3. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2016; Bab Teori Belajar
Kegiatan Belajar 2: TEORI BELAJAR
A. Tujuan
Peserta pelatihan dapat menjelaskan teori belajar dan mampu memberikan
contoh penerapannya dalam pembelajaran matematika.
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Mampu mendeskripsikan teori belajar behavioristik
2. Mampu mendeskripsikan teori belajar Vygotsky
3. Mampu mendeskripsikan teori belajar van Hiele
4. Mampu mendeskripsikan teori belajar Ausubel
5. Mampu mendeskripsikan teori belajar Bruner
6. Mampu menerapkan teori belajar dalam pembelajaran matematika
Selengkapnya, bisa di download pada link dibawah ini
4. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2016; Bab Kurikulum 2013
Kegiatan Belajar 3 : KURIKULUM 2013
A. Tujuan
Setelah membaca sumber belajar ini diharapkan Guru mempunyai wawasan tentang rasional dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum khususnya kurikulum 2013 dengan tepat dan jelas, memahami tentang SKL, KI, dan KD pada tingkat satuan pendidikan, serta mampu menganalisis keterkaitan SKL, KI, KD, dan indikator pencapaian kompetensi
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
Diharapkan setelah membaca modul ini guru dapat:
1. Menjelaskan rasional dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum khususnya kurikulum 2013 dengan tepat dan jelas
2. Menjelaskan pengertian SK, KI, dan KD.
3. Menganalisis keterkaitan SKL dengan KI dan KD.
4. Menganalisis kesesuaian indikator pembelajaran dengan KD.
Selengkapnya, bisa di download pada link dibawah ini
5. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2016; Bab Desain Pembelajaran
Kegiatan Belajar 4: DESAIN PEMBELAJARAN
A. Tujuan
Setelah membaca sumber belajar ini diharapkan Guru mempunyai wawasan tentang desain pembelajaran. Diantaranya mengetahui pengertian dan langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik, pembelajaran Problem-based Learning, pembelajaran Project-based Learning, Inquiry, Discovery Learning, serta menerapkan pendekatan dan model-model pembelajaran yang sesuai dengan KD
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah membaca sumber belajar ini diharapkan Guru dapat:
1. Menjelaskan pengertian dan langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik
2. Menjelaskan pengertian dan langkah-langkah pembelajaran Problem-based Learning
3. Menjelaskan pengertian dan langkah-langkah pembelajaran Project-based Learning
4. Menjelaskan pengertian dan langkah-langkah Inquiry
5. Menjelaskan pengertian dan langkah-langkah Discovery Learning
6. Menerapkan pendekatan dan model-model pembelajaran yang sesuai dengan KD
Selengkapnya, bisa di download pada link dibawah ini
6. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2016; Bab Media Pembelajaran
Kegiatan Belajar 5 : MEDIA PEMBELAJARAN
A. Tujuan
Tujuan belajar yang ingin dicapai adalah peserta dapat:
1. Menyebutkan perbedaan media pembelajaran dengan media pada umumnya,
2. menyebutkan macam-macam media pembelajaran beserta contohnya baik menurut bentuk maupun fungsinya,
3. menyebutkan perbedaan media pembelajaran yang merupakan alat peraga manipulatif dengan yang bukan.
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mengikuti sesi ini, peserta pelatihan akan dapat:
1. Membedakan media dan media pembelajaran
2. Membedakan macam-macam media pembelajaran
3. Membedakan media pembelajaran yang merupakan alat peraga manipulatif dengan yang bukan.
Selengkapnya, bisa di download pada link dibawah ini
7. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2016; Bab Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran
Kegiatan Belajar 6: PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Tujuan
Tujuan belajar yang ingin dicapai adalah peserta dapat:
1. Menjelaskan landasan hukum penyusunan RPP
2. Menjelaskan Pengertian RPP
3. Menjelaskan Prinsip Penyusunan RPP
4. Menjelaskan Komponen dan Sistematika RPP
5. Mengidentifikasi langkah penyusunan RPP
6. Menuliskan isi setiap komponen dalam sistematika RPP
7. Menyusun RPP untuk serangkaian KD berdasarkan Kurikulum 2013
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mengikuti sesi ini, peserta pelatihan akan dapat:
1. Menjelaskan landasan hukum penyusunan RPP
2. Menjelaskan Pengertian RPP
3. Menjelaskan Prinsip Penyusunan RPP
4. Menjelaskan Komponen dan Sistematika RPP
5. Mengidentifikasi langkah penyusunan RPP
6. Menuliskan isi setiap komponen dalam sistematika RPP
7. Menyusun RPP untuk serangkaian KD berdasarkan Kurikulum 2013
Selengkapnya, bisa di download pada link dibawah ini
8. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2016; Bab Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran
Kegiatan Belajar 7: PENILAIAN DAN EVALUASI PEMBELAJARAN
A. Tujuan
Tujuan belajar yang ingin dicapai adalah peserta dapat:
1. menjelaskan pengertian penilaian, pengukuran, dan evaluasi dalam pembelajaran
2. menjelaskan tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip penilaian dalam proses pembelajaran
3. mengidentifikasi jenis instrumen dan teknik penilaian proses dan hasil belajar pada kompetensi sikap spiritual dan sosial
4. mengidentifikasi jenis instrumen dan teknik penilaian proses dan hasil belajar pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan.
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
Setelah mengikuti sesi ini, peserta pelatihan akan dapat:
1. Menjelaskan pengertian penilaian, pengukuran, dan evaluasi dalam pembelajaran
2. menjelaskan jenis dan bentuk penilaian
3. menjelaskan pengertian tes dan nontes
4. membedakan penilaian, pengukuran, evaluasi, dan tes
5. menjelaskan tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip penilaian dalam proses pembelajaran
6. menjelaskan ketuntasan belajar dalam pembelajaran
7. mengidentifikasi jenis instrumen dan teknik penilaian proses dan hasil belajar pada kompetensi sikap spiritual dan sosial
8. mengidentifikasi jenis instrumen dan teknik penilaian proses dan hasil belajar pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan.
Selengkapnya, bisa di download pada link dibawah ini
9. Materi Pedagogik PLPG Sertifikasi Guru 2016; Bab Refleksi Pembelajaran dan PTK
Kegiatan Belajar 8 : REFLEKSI PEMBELAJARAN DAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
A. Tujuan
Setelah mengikuti kegiatan belajar ini diharapkan peserta memiliki pemahaman dan
keterampilan dasar mengenai:
1. Konsep kegiatan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
3. Pengertian, karakteristik, dan prinsip-prinsip PTK.
4. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas.
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan konsep dan definisi kegiatan reflektif terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
2. Menjelaskan teknik-teknik refleksi dalam pembelajaran
3. Melakukan reflektsi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
4. Menjelaskan pengertian penelitian tindakan kelas
5. Menjelaskan karakteristik penelitian tindakan kelas
6. Menjelaskan prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas
Selengkapnya, bisa di download pada link dibawah ini
Sumber: Website Resmi Sertifikasiguru.id
Kisi-Kisi PLPG 2016 ~ Klik disini
Daftar nama perserta, nomer peserta dan tempat PLGP sergur 2016 ~ Klik disini
Berkas yang perlu dikumpulan dalam sergur 2016 ~ Klik disini
Jadwal PLPG 2016 ~ Klik disini
0 Komentar
Post a Comment