WEBSITE DUNIA PENDIDIKAN

Website Tempat Berbagi Info Pendidikan (SD, SMP, SMA, Info Kependidikan)

Model Model Pembelajaran Yang Menyenangkan

Model Model Pembelajaran Yang Menyenangkan ~ Pembelajaran bisa diterapkan dimana saja, baik itu di dalam kelas maupun di luar kelas. Tetapi alangkah baiknya apabila pembelajaran itu terasa menarik, mengasyikan dan menyenangkan bagi siswa. Pembelajaran yang menyenangkan memberi pengaruh besar terhadap prestasi siswa yang semakin meningkat, selain itu akan memberikan respon respon positif yang membuat siswa tertantang untuk lebih mendalami materi pelajaran dan tentunya akan menumbuhkan kreatifitas siswa.

Pembelajaran yang menyenangkan dapat tercipta apabila, pendidik menguasai berbagai metode pembelajaran tentunya pembelajaran yang bervariatif. Berikut beberapa "Model-Model Pembelajaran Yang Menyenangkan". 

 Beberapa Contoh Pembelajaran Yang Menyenangkan

Dalam sebuah proses pembelajaran, seorang pendidik dituntut mampu menguasai kondisi kelas, tentunya dengan pembelajaran yang menyenangkan bukan pembelajaran yang menakutkan atau membosankan. Terkontrolnya kondisi kelas akan memudahkan seorang pendidik untuk mentransfer ilmunya kepada peserta didik. Metode pembelajaran yang kurang tepat, seperti metode ceramah, hanya akan membuat siswa mudah merasa bosan dan tidak semangat. Jadi sebaiknya, ciptakan pembelajaran dengan metode yang bervariatif.

Ada berbagai metode pembelajaran yang bisa digunakan para pendidik dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa, metode-metode tersebut antara lain metode :
  • ceramah
  • praktik
  • pemberian tugas
  • diskusi kelompok
  • tanya jawab
  • demontrasi
  • karya wisata
Berbagai metode pembelajaran di atas dapat digunakan sebagai modal para pendidik dalam mengajar yang tentunya harus dipelajari dan dikuasai. Sebagai pendukung dalam menerapkan beberapa metode diatas, seorang pendidik tentunya akan membutuhkan media pembelajaran. Dan tentunya metode pembelajaran yang digunakanpun juga harus sesuai dengan materi dan metodenya.

Model pembelajaran menyenangkan

1. Contoh model pembelajaran menyenangkan di dalam kelas


Dalam sebuah proses pembelajaran, apabila pendidik hanya menggunakan metode ceramah maka membuat siswa merasakan kebosanan atau kejenuhan, sehingga materi yang disampaikan tidak bisa terserap dengan baik oleh siswa. Cara lain yang lebih tepat dibandingkan metode ceramah yaitu, pendidik bisa menggunakan metode diskusi kelompok. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian masing-masing kelompok melakukan diskusi dan diberi kesempatan untuk :
  • menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas/presentasi
  • memberi kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi hasil diskusi
  • menyimpulkan hasil diskusi bersama semua peserta pembelajaran ( Pendidik dan Siswa )
Metode dikskusi kelompok juga bisa diterapkan pada siswa SD, asalkan pendidik mampu menciptakannya. Tetapi memang akan sulit diterapkan pada siswa SD yang mungkin masih kelas 3 ke bawah.


2. Contoh model pembelajaran menyenangkan di luar kelas


Selain di dalam kelas, pembelajaran menyenangkan juga bisa diterapkan di luar kelas. Metode-metode pembelajaran seperti diatas pun tetap juga bisa diterapkan sepertihalnya didalam kelas. Dalam artian metode tanya jawab, pemberian tugas, ceramah, diskusi kelompok, demontrasi dan karya wisata dapat dijadikan satu kesatuan demi terciptanya pembelajaran yang menyenangkan. Berikut Langkah-langkah menciptakan pembelajaran menyenangkan di luar kelas :
  • Buatlah kesepakatan bersama siswa tentang jadwal belajar di luar kelas. Misalkan saja dijadwalkan setiap 2 minggu sekali.
  • Beri penjelasan kepada siswa setiap akan melaksanakan pembelajaran di luar kelas seperti, tugas yang diberikan dan bagaimana cara mengerjakannya
Lakukan proses pembelajaran secara urut sepertihalnya ketika pembelajaran dilakukan di dalam kelas, jadi pelajaran apa pun bisa dilakukan di luar kelas 

Kunjungi Juga :

Demikian informasi mengenai "Model-Model Pembelajaran Yang Menyenangkan" 
Semoga bisa menjadi sebuah inspirasi bagi kita sebagai pendidik yang akan mencerdaskan generasi penerus bangsa.

0 Komentar

Post a Comment